Rabu, 02 November 2011

Biografi Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Abdurrahman wahid atau yang lebih kita kenal dengan Gus dur adalah presiden ke 4 republik Indonesia,beliau lahir di Jombang Jawa Timur pada 4 Agustus 1940.

Gus Dur adalah putra pertama dari enam bersaudara. Ayahnya adalah seorang pendiri organisasi besar Nahdlatul Ulama, yang bernama KH. Wahid Hasyim.

Sedangkan Ibunya bernama Hj. Sholehah adalah putri pendiri Pesantren Denanyar Jombang, K.H. Bisri Syamsuri. Dari perkawinannya dengan Sinta Nuriyah, mereka dikarunia empat orang anak, yaitu Alissa Qotrunnada Munawaroh, Zannuba Arifah Chafsoh, Annita Hayatunnufus, dan Inayah Wulandari .

Ketika remaja beliau banyak menghabiskan waktu di Yogyakarta dan Tegalrejo yang akhirnya menambah ilmu pengetahuanya,masa berikutnya beliau habiskan di Jombang sebelum akhirnya menimba ikmu di Mesir.

Pada tahun 1984 Gus Dur dipilih secara aklamasi oleh sebuah tim ahl hall wa al-`aqdi yang diketuai K.H. As`ad Syamsul Arifin untuk menduduki jabatan ketua umum PBNU pada muktamar ke-27 di Situbondo. Jabatan tersebut kembali dikukuhkan pada muktamar ke-28 di pesantren Krapyak Yogyakarta (1989), dan muktamar di Cipasung Jawa Barat (1994). Jabatan ketua umum PBNU kemudian dilepas ketika Gus Dur menjabat presiden RI ke-4. Selama menjadi presiden, tidak sedikit pemikiran Gus Dur kontroversial.


Beliau adalah tokoh yang penuh kontroversial,dengan gayanya yang khas ceplas ceplos tidak jarang Seringkali pendapatnya berbeda dari pendapat banyak orang.

beliau terpilih menjadi presiden RI melalui pemilihan umum,yang akhirnya harus di lengserkan dan tampuk kepemimpinan di serah terimakan kepada Megawati yang saat itu menjabat sebagai wakil presiden,yang tak lain adalah putri seorang proklamator kemerdekaan RI.

Abdurrahman Wahid wafat dalam usianya yang ke 69 pada tanggal 30 Desember 2009 pukul 18.40 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Sumber : http://biografitokohku.blogspot.com/search/label/Tokoh%20Indonesia

Energi Penyembuhan untuk penderita DIABETES, TUMOR, ASAM URAT, DARAH TINGGI dll Klik DISINI Ikat dengan benang sisa pembungkus product PT BOS, masukkan kedalam tanki bbm dan bandingkan dengan sebelumnya, anda akan melihat penghematan 10% - 25%, Dapat Pula ditempelkan pada baterai HP/ Slang LPG dll

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms